Selasa, 19 Februari 2013

BCL 17022013

BANDUNG - Kondisi lingkungan yang kurang nyaman dan bersih serta belum disiplinnya masyarakat dalam membuang sampah membuat Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) gencar mensosialisasikan Budaya Cinta Lingkungan (BCL). 
Sumber: http://www.beritabogor.com/2013/01/budaya-cinta-lingkungan-digiatkan.html


Ahad, 17 Februari 2013 adalah gilirannya BPSR mewakili DISKIMRUM untuk berpartisipasi dalam BCL. Diberikanlah Surat Tugas kepada beberapa orang pegawai. Dan saya salah satunya.

Hari libur, harus bekerja. Rasanya gak banget deh. Tapi saya cuma mikir satu hal, ini kan melakukan sesuatu untuk membuat suatu perubahan. Pengalaman baru. Jadi, saya pikir asik asik aja deh. Dan menyisipkan di antara jadwal yang lain. Ke undangan, nganter ortu, BCL, jemput ortu.

Kalo nyapu Gasibu sendirian kan malah aneh. Nah ini, bareng-bareng, rame-rame, jadi gak aneh dunk. Hihihi....

Wah, amazed banget liat Lapangan Gasibu pasca pasar kaget. Berantakan, sampah dimana-mana. 

Pasukan siap tempur menuju medan pertempuran

Dan pasukan pun akhirnya mulai bekerja. Sapu-sapu dan angkut-angkut sampah dengan peralatan seadanya. Angin yang berhembus kencang membuat sampah yang terkumpul kadang berlarian. Sampah harus dijaga dengan segera dan dibuang di tempatnya.

Karena tidak semua perwakilan Dinas dan Biro hadir, maka area yang harus dibersihkan pun menjadi cukup besar. Sehingga memakan waktu yang lebih banyak dari biasanya. Sekitar 1 jam kami habiskan untuk membersihkannya, padahal biasanya hanya sekitar 30 menit. 

Bersih-bersih, angkut-angkut

Setelah gotong-royong membersihkan Lapangan Gasibu, akhirnya lapangan tersebut terlihat jauh lebih baik. Lebih nyaman untuk dapat digunakan kembali. Perspektif kita pun dapat menjadi lebih baik dan positif.

Looks nice, right !!

Apa yang saya bisa simpulkan dari kegiatan hari Ahad tersebut adalah satu hal terlihat dengan jelas, masih banyak orang yang tidak peduli dengan lingkungan. Masih banyak yang bersikap masa bodoh untuk tetap menjaga lingkungan bersih. Perilaku yang patut disayangkan sebenarnya, mengingat efek panjang yang mungkin disebabkan nantinya.

Hal sederhana yang bisa dilakukan setiap orang, dan berakumulatif menjadi banyak orang akan menciptakan efek yang luar biasa. Coba deh !!

Ya !! Buanglah sampah pada tempatnya !!

Cukup sederhana bukan? Jika semua orang mau membuang sampah pada tempatnya dan memilahkannya. Maka kerja para petugas kebersihan akan lebih efektif dan efisien sehingga wilayah yang tergarap jadi lebih banyak. Dan pada akhirnya akan mengurangi resiko banjir yang sangat merugikan.

Harapan sederhana saya, semoga Budaya Cinta Lingkungan akan mengalir pada darah masing-masing orang. Akan mengakar pada generasi selanjutnya juga. Dan kita semua akan merasakan hasil positif berkepanjangan.


BCL... Bersih! Bersih! Bersih! Bersih! YES !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar